Tips

5 Ide Daur Ulang Menjadi Penghasilan

Setiap rumah pasti memiliki barang bekas yang sudah tidak terpakai. Ternyata barang bekas itu masih bisa di daur ulang dan bisa jadi sumber penghasilan tambahan. Anda bisa mengolah barang bekas menjadi barang yang bisa digunakan lagi.

Coba lihat di sekitar Anda apakah ada baran bekas yang bisa di daur ulang? Pasti ada. Ketika kita memutuskan untuk mendaur ulang bahan bekas, sama saja kita membantu bumi untuk melestarikan lingkungan.

Nah konten kali ini merekomendasikan beberapa ide daur ulang barang bekas yang bisa menjadi sumber penghasilan kita.

Barang Bekas Sumber Penghasilan Menjanjikan

Selain membantu menjaga lingkungan, daur ulang juga menjadi sumber penghasilan yang cukup menjanjikan. Siapa sangka dengan barang bekas, Anda bisa mendapat uang tambahan untuk kehidupan sehari-hari.

Daur ulang merupakan cara menggunakan bahan bekas agar bisa dipakai kembali dan jadi barang bermanfaat. Selain mengurangi pencemaran lingkungan, daur ulang juga bisa mengurangi pembuangan sampah.

Sampah seperti botol plastik, tas plastik, dan kertas bisa menjadi sumber penghasilan dari barang bekas. Bahkan banyak warga Indonesia yang berhasil membangun home industri dari barang-barang bekas.

Selain bisa membantu kondisi perekonomian, Anda juga bisa membantu banyak orang dengan membuka lapangan kerja baru. Lalu apa saja ide daur ulang barang bekas yang bisa kita jadikan bisnis?

  1. Tas Belanja

Kini banyak supermarket yang sudah tidak lagi menyediakan tas plastik. Jadi kita harus membawa tas belanjaan sendiri. Tas belanja ini bisa dibuat dari bahan barang bekas.

Tas belanja dari daur ulang barang bekas jauh lebih ramah lingkungan. Anda bisa membuat tas belanja dari bahan kertas bekas yaitu Koran, karton dan kain perca yang bisa dijahit membentuk tas belanja.

Dibandingkan dengan tas plastik, tas belanja ramah lingkungan ini lebih banyak diminati oleh anak-anak muda. Karena langkah kecil ini bisa membantu bumi untuk lebih lestari.

  1. Pot Bunga

Botol minuman bekas bisa menjadi hiasan dinding rumah Anda. Botol bekas ini bisa di potong bagian badannya menjadi 2 dan dijadikan pot bunga.

Agar lebih cantik, hiaslah dengan cat air dengan warna yang menarik agar bisa dijual. Bahkan sekarang banyak rumah yang memiliki tanaman dinding dengan menggunakan botol bekas.

Ide daur ulang botol bekas ini bisa menjadi sumber penghasilanmu. Dimulai dari jualan di lingkungan rumah terlebih dahulu dan dipasarkan melalui media sosial.

Jika kamu membuat botol bekas menjadi pot bunga yang cantik, pasti siapa pun akan tertarik membelinya. Hiasan rumah ini sangat mudah untuk dibuatnya dan bisa dijual dengan harga terjangkau.

  1. Celengan

Meskipun menabung di bank menjadi hal yang sudah biasa, namun Anda juga harus bisa menabung di celengan seperti saat kita kecil. Celengan dari botol bekas akan menarik banyak minat anak-anak.

Anda bisa menghias botol bekas dan digambar dengan karakter kartun kesukaan anak-anak. Membuat celengan dari botol bekas juga bisa menjadi ide bisnis untuk Anda.

Apalagi anak-anak harus diajarkan cara menabung sejak dini. Jadi coba tawarkan celengan buatan Anda ke ibu-ibu kompleks. Pasti mereka akan tertarik beli untuk anak-anak mereka.

  1. Sarung Bantal

Jika dirumah ada banyak bekas kain yang tidak terpakai atau baju-baju lama. Maka Anda bisa mendaur ulang dengan membuat sarung bantal.

Kain-kain yang tidak terpakai di gunting-gunting dan disatukan kembali dengan warna kain yang berbeda. Bahkan banyak juga yang membuat selimut, karpet dan tirai dari kain-kain bekas ini.

Kain perca yang biasanya menjadi lap kotor ternyata bisa menghasilkan uang. Jadi cobalah tengok di lemari apakah ada kain atau baju bekas yang bisa di daur ulang.

Harga jual kain bekas ini juga terbilang cukup mahal. Anda bisa temui barang-barang bekas dari kain perca ini di pasar-pasar tradisional di Jogja atau Solo. Banyak kain batik sisa yang di daur ulang menjadi barang bermanfaat.

Anda bisa mencari inspirasi di internet atau jalan-jalan ke pasar tradisional.

  1. Rak Kardus

Kardus bekas tidak usah dijual atau di biarkan begitu saja. Anda bisa memanfaatkan kardus bekas dengan membuat rak. Bahkan di marketplace sudah banyak yang jual rak dari kardus bekas.

Buatlah rak kosmetik atau rak buku dari kardus. Hiasi dengan kertas kado atau kertas warna lainnya agar tampilannya lebih menarik. Jika ingin lebih kuat, maka tambahkan kardus dengan karton bekas agar lebih kokoh.

Membuat rak kosmetik dari kardus bekas cukup menjanjikan karena bisa dijual dengan harga mahal dan banyak peminatnya.

Itulah 5 ide usaha daur ulang dari barang bekas yang https://anakdosen.com rekomendasikan. Cobalah satu per satu ide diatas dan tekuni daur ulang ini menjadi usaha rumahan Anda.

Share Button