Tips

6 Langkah Tepat Dalam Manajemen Resiko Bisnis

Ketika memutuskan untuk membangun bisnis, maka kita sudah harus berani mengambil resiko apapun. Karena bisnis yang kita bangun akan memberikan dampak positif dan negatif untuk kehidupan kita nantinya.

Memulai usaha tentu butuh manajemen yang baik. Tujuannya agar kita bisa meminimalisir resiko kegagalan dalam usaha kita. Namun masih banyak orang yang bingung bagaimana menyiasati manajemen bisnis.

Manajemen Resiko Untuk Mengurangi Kegagalan

Belajar manajemen resiko untuk mengurangi resiko kegagalan dalam usaha kita tentu penting. Karena dengan kita tahu langkah apa saja yang harus diambil, maka kita bisa mencegah usaha kita gagal dikemudian hari.

Lalu apa saja langkah yang bisa kita ambil dalam manajemen resiko bisnis? Berikut tipsnya:

  1. Mencari Resiko Bisnis

Untuk memperkecil atau mencegah terjadinya kegagalan. Kita harus bisa menganalisis resiko apa yang bisa datang sewaktu-waktu dari usaha kita. Hal ini dinamakan analisis resiko.

Dalam analisis resiko ini, Kamu bisa mengetahui apa saja resiko dan ancaman yang akan terjadi pada usaha Kamu. Jika Kamu membangun usaha sesuai minat dan keahlian, maka Kamu bisa mencari tahu resiko dan siap menghadapinya.

  1. Riset Penyebab Resiko

Sebelum membangun usaha, baiknya Kamu melakukan riset pasar. Riset ini bertujuan untuk menemukan hambatan yang akan terjadi kedepannya.

Sebagai contoh Kamu ingin membuka usaha laundry. Tapi tetangga Kamu sudah ada yang membuka usaha laundry terlebih dahulu. Maka langkah yang harus Kamu ambil adalah, memberi inovasi pada bisnis laundry Kamu agar lebih bagus dibanding laundry tetangga.

Dengan melakukan riset pasar, kita bisa mencegah terjadinya resiko kegagalan. Kamu juga bisa mencari solusi dari masalah yang akan dihadapi.

  1. Pertimbangkan Resiko dengan Kesempatan

Jika Kamu sudah menemukan resiko dan hambatan yang akan terjadi. Maka pertimbangkanlah dengan kesempatan yang ada. Pertimbangkan dari segi untung dan rugi.

Kamu harus memastikan bahwa modal yang Kamu keluarkan sebanding dengan resiko. Jangan sampai Kamu membangun usaha dengan resiko tinggi dan modalnya besar. Hati-hati dikemudian hari Kamu akan merugi.

  1. Jangan Menyerah

Membangun bisnis yang sukses tidak selalu bahagia. Akan ada tahap dimana usahamu akan gagal atau tidak berkembang. Setelah mengetahui resiko bisnis yang akan dihadapi kedepannya, Kamu bisa meminimalisir resiko dengan banyak cara.

Jika kamu tidak menyerah, maka ketika bisnismu dalam kegagalan. Kamu akan mencari solusi dan tetap semangat mempertahankannya. Segala resiko apapun yang akan kamu hadapi di depan, tidak boleh menyerah.

Menyerah berarti kamu tidak ingin mengembangkan bisnismu. Padahal resiko menjadi seorang pengusaha tentu siap dengan segala resiko kegagalan.

Dibalik kegagalan, akan ada kesuksesan lain. saat gagal, kamu bisa introspeksi diri pada bisnis kamu. Apa yang kurang harus diperbaiki dan diperbarui.

  1. Terus Belajar Melihat Prospek Bisnis

Lakukan evaluasi tiap beberapa bulan untuk melihat perkembangan bisnismu. Jika kamu merasa tidak ada perkembangan, maka perlu dicari apakah ada masalah dalam manajemen bisnis atau dalam pengelolaan.

Selalu melihat prospek usaha terjamin apa yang bisa kita bangun. Jangan sampai kita membuka usaha hanya ingin mengikuti tren. Namun carilah prospek usaha yang bagus dan kecil risikonya.

  1. Cerdas Mengambil Peluang

Saat riset pasar, kita akan mengetahui apa saja yang dibutuhkan masyarakat. Semakin tinggi kebutuhan masyarakat akan suatu produk, maka usaha kita juga akan semakin kecil resiko kegagalannya.

Langkah manajemen resiko pada bisnis tidak bisa menghilangkan resiko gagal. Namun bisa mencegah dan mengantisipasi resiko lain kedepannya.

Share Button