Tips

Tips Berbicara di Depan Banyak Orang

Banyak orang yang masih gugup dan grogi ketika berbicara di depan umum. Padahal berbicara di depan umum bisa memberikan dampak positif. Karena dengan berbicara di depan umum, kamu akan dikenal sebagai orang yang pandai menyampaikan usulan.

Tidak semua orang berani berbicara di depan umum. Bahkan banyak orang yang tiba-tiba terkena serangan panik jika disuruh berbicara di depan banyak orang. Sehingga ketika mulai berhadapan dengan orang banyak, kamu mulai gugup berbicara.

Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum

Dari semua ketakutan yang dirasakan ketika akan berbicara di depan umum. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa cemas dan takut.

Kita harus berani dan melawan rasa takut agar bisa berbicara di depan orang banyak. Apalagi di dunia kerja yang membutuhkan banyak pertemuan dengan banyak orang.

Berikut adalah tips untuk mencegah rasa takut ketika berbicara di depan banyak orang:

  1. Malu Harus Di Lawan

Siapa pun yang akan berbicara di depan banyak orang pasti memiliki rasa malu. Bahkan yang biasa menjadi pembicara di depan khalayak pun sering merasa malu.

Namun mereka berhasil mengatasi rasa malu tersebut dan digantikan dengan rasa percaya diri. Anggaplah semua orang di hadapan kamu adalah teman-temanmu.

Jangan pikirkan apa jabatan mereka dan usia mereka. Bicaralah sesuai dengan konteks dan hal yang ingin kamu sampaikan.

Minum air terlebih dahulu sebelum memulai berbicara. Tenangkan diri dengan cara tarik nafas pelan-pelan.

Semua audiens yang melihat kamu adalah manusia dan kamu biasa bertemu setiap hari. Jadi anggaplah sedang ngobrol-ngobrol dengan mereka. Dengan cara ini kamu bisa mengatasi sedikit rasa takut dan cemas.

  1. Berbicara Dengan Gayamu

Meskipun dalam acara formal, kamu tetap harus berpegang pada pendirianmu. Berbicaralah dengan gayamu sehari-hari namun disesuaikan dengan suasana atau acara yang sedang kamu hadiri.

Tidak perlu menjadi orang lain yang sudah biasa berbicara di depan umum. Kamu cukup jadi diri sendiri dan berbicara dengan gayamu sendiri.

Jika kamu enjoy dengan gaya bicaramu, maka kamu semakin percaya diri dan berhasil melawan rasa takut untuk berbicara di depan umum. Tetap berbicara santai namun sopan agar para hadirin mendengarkan dan menyimak apa yang kamu ucapkan.

  1. Kontak Mata Itu Penting

Meskipun kamu menjadi pembicara, sebaiknya kamu tetap melakukan kontak mata dengan para audiens. Kontak mata disini maksudnya bukan memandang ke satu atau dua orang saja, namun kamu harus melihat semua mata audiens yang tertuju padamu.

Jangan kamu melihat langit-langit atau lantai ketika berbicara di depan umum. Karena hal itu menandakan bahwa kamu tidak percaya diri.

Dengan melakukan kontak mata, kamu bisa berbicara dengan nyaman. dan dengan melakukan kontak mata, artinya kamu menghargai orang yang sedang mendengarkanmu berbicara.

  1. Lakukan Persiapan

Saat kamu takut untuk berbicara di depan banyak orang, kamu harus sering latihan. Lakukan persiapan dari latihan berbicara di depan kaca, merangkum pembicaraan dan mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan.

Jika kamu melakukan persiapan dengan baik, maka pada hari kamu presentasi semua bisa dilaksanakan dengan baik. Dengan persiapan yang baik, maka kamu akan lebih percaya diri dan yakin bahwa kamu bisa.

Jadi sering-sering latihan di depan kaca sambil mengatur mimik wajah agar menyenangkan dan tidak terlihat grogi.

  1. Berikan Beberapa Pertanyaan

Hal yang penting harus diingat, sebelum kamu berbicara di depan umum kamu harus sering latihan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh jika kamu seorang karyawan dalam peserta rapat.

Kamu bisa sesekali ajukan pertanyaan di dalam rapat tersebut. Jika kamu rajin mengajukan pertanyaan, maka berbicara di depan banyak orang akan jadi hal yang biasa.

Kondisi ini akan menunjukkan bahwa berbicara di depan banyak orang bukan hal yang sulit. Kita hanya tidak percaya diri dan takut. Padahal kita tahu cara mengatasinya.

  1. Berdoa

Sebelum memulai presentasi, baiknya kamu berdoa dan menenangkan diri. Percaya atau tidak, ketika kamu berdoa maka Tuhan akan memberikan ketenangan pada diri kamu. Sehingga kamu bisa naik ke panggung dengan percaya diri.

Berdoa juga memberikan energi positif pada tubuh kamu agar bisa lebih percaya diri untuk berani bicara. Bahkan di agama Islam ada doa-doa yang bermaksud agar dilancarkan lisan ketika berbicara. Silahkan berdoa sebelum memulai acara.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi rasa takut dan cemas ketika akan berbicara di depan banyak orang. Rasanya tidak akan mengerikan jika kita berhasil mengatasi rasa takut.

Rasa takut dan tidak percaya diri bersumber dari diri kita sendiri. Sehingga kita harus bilang kepada diri kita sendiri bahwa kita bisa dan mampu. Lawan rasa takutmu dengan rasa percaya diri.

Share Button